Jumat, 26 Juni 2015

Saat Uang menjadi Tujuan



Gue sekarang udah menempati kelas 12 SMA. Kelas yg katanya kesibukan bakal meningkat 100% dari sebelumnnya, dan kebersamaan di dalam kelas bakal meningkat agar kegiatan contek menyontek berjalan dengan lancar saat ujian. Sejalan dengan naiknya kelas gue di sekolah, umur gue juga meningkat jadi 17 tahun 18 juni lalu. Gak ada yang istimewa di ulang tahun gue yang ke 17 tahun ini, sama seperti ulang tahun gue sebelumnya ucapan selamat cuma diucap dari mereka yang inget saja.  Tapi entah kenapa di umur gue yang baru, gue ngerasa nemuin hal-hal baru yang sebelumnya gak terlalu gue peduliin.
Gue jadi lebih ngerti arti pertemanan seperti apa, semua gue dapet dari pengalaman di kelas 11 yang mitosnya kelas dimana semua kenakalan kita di SMA tertuang di kelas itu. Gue  ngerasain, dan memang benar gue nakal-nakalnya di kelas itu. Mulai sering main, pulang ke rumah sering sore hari hingga paling telat pulang pas isya’, pernah suatu saat dengan terpaksa gue harus nginep rumah temen. Bukannya apa cuma perlu diketahui aja kalo gue tinggal di daerah yang mana dari seluruh siswa di sekolah gue cuma yang tinggal di desa itu. Iya memang gini nasib sekolah luar kota, tiap pulang agak maleman dikit gue selalu takut kalo harus mengendarai motor sendiri di jalan yang gelap. Taulah keadaan desa gimana. Gue takut kalo di jalan gue ditimpa hal yang enggak enggak. Siapa tau gue ketemu mantan, gue takut karna yang gue tau itu  ketemu mantan lebih menakutkan dari ketemu setan.
Dari banyak hal baru yang gue dapet, satu hal yang bikin gue ngerasa dilema banget yaitu saat gue harus nentuin jurusan apa yang harus gue ambil saat kuliah nanti. Waktu buat nentuin itu semua kurang dari setahun. Tapi gara-gara kedilemaan gue, waktu setahun itu kurang. Gue dilema karna gue harus milih antara jurusan yang gue  minati atau jurusan yang orang tua gue minati. Gue tahu kebanyakan orang bakalan memberi saran kalo milih jurusan kuliah itu harus dari diri sendiri, bukan dari orang tua  apalagi orang lain toh yang menjalani kehidupan perkuliahan itu kita bukan orang tua kita. Tapi gue percaya kalo orang tua kita selalu memilih hal yang terbaik buat anaknya, karna orang tua kita udah ngerasain pahit manisnya hidup. Disini gue makin dilema, antara menuruti keinginan gue atau orang tua gue. Gue dari dulu pengen masuk jurusan yang berhubungan dengan hobi gue yang udah gue suka sejak umur 3 tahun yaitu menggambar. Tapi disisi lain orang tua gue belum bisa menaruh kepercayaan kalo menggambar bisa menghidupi gue di masa depan. Sekarang yang gue tahu kalo gue pengen memperjuangkan keinginan gue, gue harus ngelakuin sesuatu yang membuat orang tua gue dapat memberi kepercayaan penuh kalo menggambar bisa menghidupi anaknya kelak. Maka dari itu dalam kurun waktu kurang dari setahun gue harus buktiin kalo gue bisa dapet penghasilan dari menggambar. Gue tahu kalo menjadikan uang sebagai tujuan itu tidak mendatangkan kebahagiaan, tapi setidaknya itu bisa membuat pemikiran orang tua gue berubah. Sekarang bukan waktunya buat gue males-malesan, sekarang waktunya gue mulai berkarya lebih sering dan membuktikan kalo menggambar itu udah menjadi takdir gue dari kecil. Gue pengen kalo hobi gue ini bisa menemani gue sampai tua nanti, sampai gue gak bisa menggoreskan pensil ke kertas, sampai gue susah membedakan warna, sampai  gue hanya bisa menikmati sebuah karya tanpa bisa membuatnya lagi. Gue pengen itu semua, dan gue tahu semua itu bakalan terwujud ketika gue mau berusaha dan berdoa.

Ngomong-ngomong di postingan ini gue jadi orang sok tahu gara-gara banyak tulisan "gue tahu".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak dengan tertib dan teratur