Minggu, 12 Juni 2016

Cerita Absurd Anak Baru Lulus SMA




Gue balik lagi mengisi blog ini gara-gara emang gak ada kerjaan banget. Setelah UN, hari-hari gue cuma diisi bermalas-malasan dan galauin SNMPTN, SBMPTN, dan UMPTN. Jadi di postingan kali ini gue mau cerita tentang kegalauan gue sebagai anak baru lulus SMA yang gak tau mau kuliah dimana. Saking gak yakinnya gue ketrima di PTN, gue rasanya pengen nikah aja sama Adipati Dolken.

Puncak kegalauan gue terjadi  pada tanggal 9 Mei, hari itu adalah hari dimana seleksi SNMPTN diumumkan. Saking deg-degannya hati gue, hampir saja gue pengen macarin SNMPTN, karna mitosnya di hati yg deg-degan ada cinta di dalamnya.



Saat itu pukul 1 siang, gue yakin hampir semua siswa kelas 12 menunggu saat-saat ini. Gue jadi merasa iri sama pengumuman SNMPTN yang ditungguin banyak orang, sedangkan gue? ditunggu sama doi aja enggak.

Berhubung yang membuka web pengumuman SNMPTN itu banyak, gue terpaksa ngalah sampe jam setengah 2 gue baru bisa melihat hasil pengumuman SNMPTN. Saat itu gue sangat berharap bisa balikan sama mantan ketrima SNMPTN dan masuk jurusan yang gue dambain di universitas pilihan gue. Gue mulai memasukan no NISN dan tanggal lahir gue di kolom yang disediain, gue login dan 


Gue gak ketrima jadi member JKT48 di SNMPTN. Melihat warna merah terpampang di depan gue membuat gue ketawa bukannya nangis, tapi  lama-kelamaan nangis. Anjir gue beneran nangis. Rasanya perjuangan gue selama 3 tahun ngumpulin barang-barang bekas nilai-nilai tinggi di raport itu jadi sia-sia. Tapi gak berlangsung lama, gue bangkit dari kubur keterpurukan gue dan gue yakin mungkin gue bisa masuk PTN lewat jalur lain.  


Sore harinya, orang tua gue pulang, tanpa pikir panjang gue memberi tau mereka kalo anaknya gak lolos SNMPTN. Orang tua gue terlihat sedikit kecewa dan bertanya ke gue
"Terus gimana dek?"
"Ya nikahin aja aku pak nanti nyoba di jalur SBMPTN pak"

Kurang lebih 20 hari gue harus berjuang belajar buat persiapan SBMPTN. Saat itu gue bener-bener gak ada persiapan sebelumnya buat menghadapi SBMPTN, mungkin karna saking PDnya bakal ketrima SNMPTN gue jadi lupa utang kalo bisa saja SNMPTN bukan rejeki gue.




Berarti gue harus belajar materi soshum dan menggambar karna di SBMPTN gue mengambil jurusan seni rupa. Sebenernya gue pengen masuk teknik, cuma gara-gara gue bener-bener gak menguasai materi saintek dan taulah saingan buat masuk teknik itu ngeri kayak saingan mendapatkan hati gebetan jadinya gue urungkan niat gue itu. Saat ini yang gue pikirin gimana cara masuk PTN terlebih dahulu. Berhubung gue juga suka menggambar makanya gue milih daftar jurusan seni rupa. Selama 20 hari, hari-hari gue isi dengan bermalas-malasan juga dan kebanyakan mengeluh di media sosial. Serius gue hina banget. H-3 gue baru belajar materi SBMPTN. Kalo latihan menggambar gue lakuin hampir setiap hari dengan dipandu senpai-senpai baik yang mau luangin waktu buat ngajarin dedek unyu macam gue.



Hari H pun tiba, tanggal 31 mei menjadi momen yang bakal tak terlupakan buat gue. Gue tes tertulis SBMPTN di UNDIP tembalang. Pukul 9 kita memasuki ruang SBMPTN untuk ujian TKPA, gue dapet tempat duduk no 2 dari belakang. Tempat duduk gue tepat dibawah AC yang membuat gue dilema harus merasa seneng atau sedih. Seneng gara-gara gue dapet angin  sejuk lebih banyak dari peserta lain. Sedih kalo tiba-tiba di tengah ujian, gue tertidur. Gue buang pikiran itu, gue harus fokus di kenangan mantan soal SBMPTN yang diujikan. 

Sebelum ujian dimulai gue kenalan dengan cewek yang duduk di depan dan belakang gue. Kita kenalan saling menyebutkan nama dan asal sekolah masing-masing. Gue sebenernya mau memberi tau nama mereka di postingan ini tapi gak jadi karna gue lupa nama mereka. Gue emang bego kalo menghapalkan nama orang. 

Ujian pun dimulai, suasana menjadi sangat tenang dan semua peserta fokus di soal masing-masing. Gue juga fokus mikirin mantan soal SBMPTN. 1,5 jam berlalu begitu cepat. Gue ngerjain soal yang bisa gue kerjain dan bisa gue karang mendekati yakin benar.

Istirahat selama satu jam dan jam satu dilanjutkan ujian Soshum. Saat istirahat kebanyakan gue isi dengan melamun bukannya belajar, sesekali mengobrol dengan orang yang duduk di samping gue. Jam satupun tiba, semua peserta dipersilakan masuk ke ruangan.
Sementara menunggu bel waktu dimulainya ujian, gue mengobrol dengan cewek yang duduk depan gue, sebut saja dia Mawar. Mawar itu cerewet banget, kalo ngomong cepet banget membuat gue harus bener-bener pasang telinga saat dengerin dia ngomong. Kita ngobrol banyak hal kebanyakan tentang perkuliahan.
Bel ujian pun berbunyi, semua peserta kembali fokus ke soalnya dan gue fokus meneratapi soal gue. Ada 60 soal yang harus gue kerjain. Ditengah-tengah ujian, si Mawar menengok ke belakang. IYA GAAIIIS DIA MENENGOK KE BELAKANG lalu bertanya 
"soal yang gak kamu kerjain berapa?"

Saat itu gue cuma diem dan ngelirik ke pengawas yang lagi merhatiin gue, kita bertatapan akhirnya saling jatuh cinta, gak!! gue balik arahin pandangan gue ke soal gue dan Mawar juga balik ke soal dia. Gue cuma ngomong dalam hati "NIH ANAK NANYA SETELAH UJIAN KAN BISA ANJIIR". Rasanya pengen nerjunin tuh anak dari lantai 3 gedung ini.

Gue cuma takut kalo gara-gara kejadian tadi, gue didiskualifikasi di SBMPTN. Anjir lah belum sempet juga di nilai udah gagal aja masuk SBMPTN. Untungnya hal itu gak terjadi. 75 menit berlalu begitu saja. Semua peserta keluar dari ruang Ujian. Gue heran aja kenapa di lembar jawaban gue gak keisi cuma  5 soal. Padahal kebanyakan peserta lain yang keisi cuma setengah soal. Gue heran aja, apa ini yang namanya mukjizat dari Tuhan yang membuat gue dengan yakinnya mengisi lembar jawaban. Gue gak terlalu meduliin itu yang penting gue udah berusaha dan gue hari ini cuma pengen secepatnya balik ke rumah buat istirahat karna besoknya gue masih ikut tes keterampilan menggambar di UNNES.


Digambarin sama salah satu senpai, makasiiih


Esoknya gue berada di UNNES sendiri tanpa teman tanpa pacar. Gue mencari ruang tes gue dengan tampang raisa begonya. Sampai-sampai gue BBM senpai kayak gini
"gedung B5 dimana ya mas?" 
Dia gak bales. BBM cuma centang. Gue rasanya mau coret dia dari daftar senpai, tapi gue urungin niat itu karna gue anak baik, tidak sombong dan rajin menabung.

Akhirnya gue nemu ruang tes gue. Setelah memastikan ruangan, gue kenalan sama cewek yang bernama meida atau meidiana atau apalah gue lupa, tapi gue manggil dia Mei karna cuma nama Mei yang pasti. Mei adalah sosok cewek cerewet, kita bercerita banyak hal sampe kita ketawa kayak kuntilanak orang udah lama kenal. Tak lama kemudian kita dipersilakan masuk ruang tes dan di ruang tes gue duduk di sebelah Mei. Di ruang tes kita dapet kenalan baru namanya Tata. Tata itu cewek cantik dan terlihat ramah. Saking ramahnya, gue jadi yakin keramahan dia bisa ngalahin keramahan mbak-mbak indomaret.

Tes keterampilan pun dimulai, kita mendapat 2 soal deskripsi, kita disuruh milih salah satu soal untuk kita gambar. Gue milih soal no 2, gue mulai mikir gimana cara menggambar masa depan gue dengan doi suasana gambar soal 2. Gak lama kemudian gue dapet ide dan mulai menggoreskan pensil gue yang tajam ke hati mantan kertas A3 yang telah disediain. Waktu yang disediain cuma 1,5 jam. Dengan waktu yang hanya sebentar, gue gak mau nyia-nyiain waktu. Waktu berlalu dengan cepat dan gambar gue masih jauh dari kata selesai.Tapi setidaknya gue udah berusaha. Tes kedua adalah tes imajinasi. Gue gak paham ini tes macam apa.15 menit  gue laluin dengan kebingungan mencari jodoh imajinasi.

Setengah 12, semua peserta dipersilakan keluar ruangan. Dan Alhamdulillah gue diberi kelancaran selama 2 hari tes SBMPTN. Gue bener-bener lega bisa melalui ujian hidup SBMPTN. Dan setelah ini gue bisa melanjutkan kegiatan bermalas-malasan di rumah sekalian menunggu hasil pengumuman SBMPTN.
--- 

Menjadi anak baru lulus SMA itu tidaklah mudah, setelah lulus SMA kita dihadapin oleh kedilemaan, kegalauan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat  Indonesia kebingungan. 
Mau apa setelah lulus SMA? 
Lanjut kuliah atau kerja? 
Kuliah, mau kuliah dimana. 
Kerja, mau kerja apa. 
Gue yakin kebanyakan anak baru lulus SMA menghadapi masa-masa itu. Tapi masa-masa sulit ini membuat kita jadi lebih dewasa. Kita jadi tau rasanya berjuang dan gagal. *mendadak keren*

Gue mau ngasih selamat buat yang lolos SNMPTN. Dan buat yang gak lolos seperti gue, ketahuilah kalo Allah udah pasti ngasih jalan yang terbaik selama kita berusaha dan berdoa. Gak ketrima SNMPTN? Masih ada SBMPTN, UMPTN, dan nikah PTS. Semoga kita jadi generasi yang bisa membanggakan Bangsa dan Negara Indonesia. Merdeka!!!



8 komentar:

  1. Haha, gw juga ngerasain banget kegalauan setelah lulus 😂

    Untungnya gw udah bulatin tekad buat kerja dulu mumpung gw lulusan SMK

    btw tulisan lu ABG banget awkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilihan yang bagus Buda, semoga sukses buat kamu.

      wkwk iya lah gue kan masih ABG

      Hapus
    2. Sip, kamu juga semoga masuk univ impian ya, semoga dapet jodoh juga /?

      eh iya kita seumuran wkwkwk

      Hapus
  2. Suka 'gaya typo' mu bud..hahaha

    BalasHapus
  3. Semoga keterima di uny, amiin. Jangan lupa traktirannya~ ^^

    BalasHapus

Tinggalkan jejak dengan tertib dan teratur